Tips Memilih Minuman Kemasan yang Aman

Saat ini seiring berkembangan teknologi di berbagai sisi, membuat banyak kemudahan bisa kita dapatkan secara instan. Bahkan pada minuman kemasan juga terdapat kemudahan yang membuat kita terkadang mengalami yang namanya kecanduan yang tidak baik untuk kesehatan pada tubuh.

Minuman kemasan bisa di katakan sebagai minuman yang aman serta layak untuk di konsumsi, baik itu jangka panjang ataupun sesekali saja adalah minuman yang tidak mengandung bahan kimia yang berbahaya untuk tubuh serta tidak terindikasi adanya bakteri ataupun patogen. Zat Aditif Phthalate merupakan monomer yang bisa membuat minuman berbahaya bagi tubuh kita kemasan pada minuman tidak di kemas dengan baik. Bahkan hal buruk yang bisa terjadi apabila minuman kemasan sudah terkontaminasi dengan zat aditif adalah kolera, TBC, keracunan, diare, mual, kanker dll Hal ini juga di benarkan oleh ahli pangan yang berasal dari IPB (Institur Pertanian Bogor) oleh Bapak Dr Yadi Haryadi.

Agar tetap bisa mengkonsumsi minuman instan dalam bentuk kemasan. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa di terapkan untuk memilih minuman kemasan.

  • Saat memilih minuman kemasan, pastikan tidak memilih minuman yang di dalamnya terdapat gelumbung udara yang berbentuk kecil-kecil seperti buih. Alasannya karena salah satu indikator minuman yang terbuat dari bahan dengan kualtias yang rendah adalah memilih gelembung udara atau buih meski minuman tersebut dalam kondisi tidak di kocok.
  • Khusus untuk minuman yang terbuat dari kotak yang berbahan dasar karton seperti kopi, susu, teh dan jus buah, pastikan sudah menggunakan sistem kemasan yang tetrapak. Kemasan tetrapak ini mampu membuat proses penstrelian menjadi lebih mudah antara kemasan dan bahan. Selain itu minuman kemasan jauh lebih tahan lama sampai 1 tahun meski tanpa menggunakan bahan kimia. Salah satu minuman yang menggunakan teknologi ini adalah nescafe kotak seperti NESCAFÉ UHT Coffee Cream, NESCAFÉ UHT Black, NESCAFÉ UHT French Vanilla dan NESCAFÉ UHT White Coffee.
  • Minuman kemasan baiknya harus terhindari dari matahari langsung, terutama yang menggunakan kemasan dalam bentuk botol agar tidak cepat tercemar oleh patogen atau zat berbahaya lainnya.
  • Saat pembelian minuman kemasan, pilihlah kemasan yang tidak dalam kondisi cacat seperti penyok dan sejenisnya.
  • Yang terakhiri ini yang paling penting. Perhatikan tanggal kadaluarsa dari minuman kemasan yang akan di beli.

Setiap minuman kemasan yang kita pilih mungkin sudah memenuhi semua standar di atas, tapi tidak ada salahnya untuk selalu mengecek komposisi yang terkandung dari minuman tersebut. Apakah ada kandungan yang berbahaya atau tidak cocok dengan tubuh anda sehingga menghasilkan efek samping tertentu. Pastikan untuk lebih teliti dalam memilih minuman kemasan, apapun itu merk dan rasanya.