Cara mengatasi anak susah makan yang perlu anda coba

Kasus anak susah makan atau tidak mau makan bukan masalah baru lagi apalagi ketika anak di rentang umur 1-5 tahun, ini merupakan kasus yang sering di temui pada usia tersebut. Meski ini adalah kasus yang wajar, sebagai orang tua tidak boleh membiarkan hal tersebut berlangsung lama karena jika hal tersebut di biarkan maka hal buruk akan terjadi pada kesehatan sang anak. Oleh sebab itu sebagai orang tua tentu harus berusaha melakukan berbagai cara agar anak kembali makan, minimal nutrisi harianya terpenuhi.

Sebagai orang tua anda harus rajin dalam memperkenalkan makanan baru terhadap anak. Sehingga seiring berjalannya waktu anak akan memiliki keberanian dalam mencoba makanan baru, meski begitu hal ini membutuhkan kesabaran yang luar biasa bagi orang tua. Jadi selaku orang tua harus terus mengulik makanan yang berdasarkan jenisnya agar naik mau lagi kembali makan seperti sedia kala.

Cara mengatasi anak susah makan tidak hanya terpaku mengenalkan anak dengan berbagai macam jenis makanan yang ada. Tapi masih ada cara-cara yang lainnya yang masih di anggap efektif untuk mengatasi kasus yang satu ini, agar kebutuhan nutrisi pada anak terpenuhi dengan bal agar tidak mengalami gizi buruk.

  1. Ajak anak memasak

Nah ini metode klasik yang masih di anggap ampuh bahkan berdasarkan pengalaman pribadi memang metode ini cukup ampuh terutama terhadap anak perempuan. Dengan mengajak anak ikut masaka maka akan menimbulkan rasa penasaran sama hasil masakan yang ia ikuti dalam prosesnya. Rasa penasaran itu akan berakhir ketika memutuskan untuk makan agar terpuaskan rasa penasarannya.

  1. Jangan monoton

Kebiasan buruk orang tua adalah ketika anak menyukai satu jenis makanan maka ia akan terus menerus memberikan menu makanan yang sama terhadap anak sehingga mengakibatkan anak bosan yang luar biasanya yang berujung tidak mau makan sekali. Jadi selaku orang tua sebaiknya melakukan random menu antara menu yang benar-benar di sukai dengan menu standar yang ia sukai agar lahap makannya.

  1. Variasi menu makanan

Ini merupakan cara yang cukup ampuh untuk mengatasi anak yang susah makan karena rasa bosan atau selalu mencoba makanan baru. Tidak perlu setiap hari terdapat variasi menu makanan, cukup satu minggu sekali itu sudah lebih dari cukup

Apabila andak masih tidak mau makan juga sebaiknya segera untuk berkonsultasi ke dokter terkait masalah anak yang tidak mau makan. Alasan kenapa harus menghubungi dokter, agar bisa tertangani dengan cepat apabil anak tidak mau makan di karenakan faktor terdapat gangguan kesehatan di dalam tubuh. Oleh itu konsultasi ke dokter membuat masalah lebih cepat terselesaikan