Cara menerapkan pola hidup sehat di saat pademi Covid 19

Impian setiap manusia di muka bumi di saat pandemi Covid 19 saat ini tentunya bisa menerapkan pola hidup sehat. Meskipun pada kenyataannya menerapkan pola hidup sehat bukanlah perkara mudah, ada banyak hal yang harus di hindari agar sistem imum tubuh terjaga, kondisi tubuh menjadi sehat serta terhindar dari berbagai penyakit berbahaya termasuk Covid 19. Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Kesehatan telah merilis program hidup sehat yang di kenal dengan “Program Pola Hidup Bersih dan Sehat” atau yang di singkat dengan PHBS. Tujuan di buatnya program tersebut adalah untuk meningkatkan kesejahteraan serta derajat kesehatan masyarakat di Indonesia.

Lalu bagaimanakah menerapkan pola hidup sehat sesuai dengan PHBS yang sudah di buat oleh pemerintah Indonesia untuk menjaga kesehatan masyarakat Indonesia?

Mengenal PHBS

Secera sederhana PHBSa adalah perilaku hidup sehat yang di mulai dari kesadaran diri sendiri yang di tularkan di lingkungan keluarga sehingga selain melindungi diri sendiri tapi juga melindungi kesehatan keluarga tercinta.

Berikut ini adalah penerapan PHBS di mulai dari diri sendiri dan keluarga

  1. Makan makanan yang bergizi

Kalau berbicara pola hidup sehat tentunya tidak jauh-jauh dari mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi, meski terasa membosankan mendengar point yang satu ini tapi memang itu kenyataannya. Sebenarnya untuk point ini tidak harus kaya untuk memulainya, anda hanya harus makan nasi berbarengan dengan sayuran hijau yang bervariasi. Hindari juga makanan yang mengandung lemak jahat sehingga terhindar dari penyakit jantung, kolestrol dll

  1. Olahraga

Selain menjaga pola makan yang bergizi anda juga harus berolahraga agar kondisi tubuh tetap sehat dan fit. Mulai dengan olahrga yang ringan-ringan saja seperti lari-lari kecil berkeliling rumah. Olahraga membuat lemak jahat terbakar serta menjaga kondisi gula darah anda yang bisa membuat terhindari penyakit diabetes.

Beberapa olahraga yang bisa di lakukan di rumah pada saat pandemi Covid 19 seperti Kardio, Aerobik dan Yoga.

  1. Cuci tangan

Virus atau bakteri akan lebih cepat menular melalui tangan, mengingat tangan merupakan lapisan kulit paling luar yang paling sering melakukan kontak langsung terhadap benda atau manusia. Seperti memegang ganggang pintu, menempel di dinding, serta saling berjabat tangan dengan manusia lainya membuat tangan menjadi tempat penularan paling cepat. Oleh sebab itu setiap individu harus mulai terbiasa mencuci tangan dengan sabun serta air mengalir agar tetap kebal terhadap virus ataupun bakteri. Untuk memenuhi hal tersebut setiap rumah harus menyediakan tempat cuci tangan beserta sabun agar terhindar dari Covid 19.

Terlepas dari tiga point di atas sebagaiknya anda juga tidak mengkonsumsi alkohol, rokok serta obat-obattan berbahaya yang di anggap berbahaya bagi tubuh dan pastinya untuk tidur cukup 8 jam sehari dan tidur sebelum jam 10 malam agar tubuh tetap sehat.